27. Gawat, manisnya cokelat datangkan risiko kanker usus!

Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Jumat, 23 Oktober 2015 11:15

 

Gawat, manisnya cokelat datangkan risiko kanker usus!

Ilustrasi cokelat. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Brent Hofacker

Merdeka.com – Cokelat, siapa yang tidak suka dengan makanan manis ini? Rasanya yang unik, manis, dan memiliki sifat menenangkan setelah dikonsumsi membuatnya memiliki banyak penggemar. Semua orang pasti setuju bahwa dessert apapun yang diberikan sentuhan cokelat di atasnya mampu membuat makanan terasa mewah.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk nampaknya membuat Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi cokelat. Sebab cokelat ternyata bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker usus. Bagaimana bisa?

“Selama ini banyak penelitian yang mendengungkan bahwa Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi daging merah. Sebab daging tersebut bisa membuat Anda terkena kanker usus. Hal ini memang benar jika daging merah yang Anda konsumsi sebelumnya Anda olah menjadi steak, BBQ, atau jenis daging panggang lainnya. Proses inilah yang membuat risiko kanker usus bertambah besar. Padahal sebenarnya daging merah sehat untuk tubuh. Malahan jika Anda tidak mengonsumsinya tubuh Anda bisa terkena anemia karena Anda kekurangan zat besi,” ungkap Roger Leicester, ahli endoskopi di St George’s Hospital.

“Hal yang tidak diketahui banyak orang adalah makan cokelat pun bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker usus. Adalah kandungan gula dan lemak yang tinggi di dalamnya inilah yang bisa meningkatkan produksi sel kanker dalam usus. Solusinya, lebih baik Anda mengonsumsi dark chocolate. Sebab jenis cokelat ini lebih tinggi akan zat antioksidan sehingga bagus untuk mencegah penyakit kanker. Apalagi dark chocolate lebih rendah gula dan lemak sehingga tidak akan membahayakan kesehatan tubuh Anda.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s