25. Belalang dapat menjadi sumber protein pengganti sapi

Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 24 Oktober 2015 08:00

 

Belalang dapat menjadi sumber protein pengganti sapi

Ilustrasi belalang. ©Shutterstock/hakuna_jina

Merdeka.com – Belalang selama ini hanya digunakan sebagai makanan bagi hewan peliharaan seperti burung saja dan bukan pilihan untuk makanan manusia. Tetapi menurut penelitian terbaru, ternyata belalang mengandung protein yang jauh lebih tinggi dibanding sapi dan ayam.

Dilansir dari Huffington Post, sebuah penelitian di University of Oxford menunjukkan bahwa belalang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibanding hewan ternak yang biasa dikonsumsi. Selain belalang, hewan lain yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi adalah lebah madu.

Para peneliti mengatakan bahwa sebaiknya belalang mulai dikembangkan dan menjadi pilihan utama sebagai sumber protein. Belalang lebih mudah untuk dikembangkan dan tidak membutuhkan waktu serta biaya yang terlalu banyak. Selain itu, belalang juga dapat mudah hidup di berbagai tempat dan dapat menjadi makanan pilihan untuk mengatasi masalah kelaparan di berbagai belahan dunia.

Walaupun bukan menjadi makanan di banyak tempat, belalang sebenarnya telah biasa dikonsumsi di beberapa wilayah seperti China, Meksiko, dan Thailand. Walau begitu, belalang masih belum menjadi pilihan utama bagi masyarakat di wilayah tersebut. Banyak yang menggunakannya hanya sekedar untuk mencoba kuliner ekstrem saja.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa belalang ternyata memiliki kandungan protein dan nutrisi yang lebih tinggi dari hewan ternak yang biasa dikonsumsi. Di masa depan, belalang akan menjadi pilihan utama sumber protein bagi tubuh.

sumber: Merdeka.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s