13. Facebook Sudah Kapok Bikin Smartphone Sendiri

Facebook tak berminat kembali membuat smartphone setelah produk sebelumnya gagal di pasaran.

Kamis, 15 Oktober 2015 | 11:05 WIB

Digital Trends Ilustrasi Facebook Mobile

Facebook tampaknya menyesal pernah “bergabung” ke pasar smartphone. penyedia layanan jejaring sosial pun ini sudah enggan untuk merilis kembali produk ponsel pintar.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh David Marcus, Vice President Messaging Products Facebook, dalam konferensi Code Mobile.

Menurut Marcus, sebagaimana Nextren rangkum dari Cnet, Kamis (15/10/2015), Facebook kemungkinan tidak akan merilis smartphone baru lagi, seperti yang pernah dilakukan pada dua tahun yang lalu.

Tidak jelas, apakah kata “mungkin” dalam pernyataannya masih membuka peluang Facebook untuk kembali merilis smartphone atau tidak. Namun, mengingat kiprah Facebook yang tak mentereng di ranah tersebut, kecil peluang perusahaan ini membuat perangkat baru lagi.

Tanpa smartphone sendiri sekalipun, Facebook sebenarnya mendominasi dunia mobile.

Dengan aplikasi besar seperti Messenger, WhatsApp, dan Instagram, masih menurut Marcus, Facebook sudah berhasil menguasai 25 persen aplikasi yang paling banyak digunakan dalam satu perangkat.

Perdana yang gagal

Upaya Facebook memasuki ranah smartphone bermula pada tahun 2013 lalu melalui kemitraan dengan HTC. Kedua perusahaan merilis merilis First, smartphone pertama yang datang khusus dengan aplikasi Facebook Home dan segala macam fitur khusus Facebook.

Smartphone yang bersangkutan dirilis untuk pasar kelas menengah, dengan layar 4,3 inci, prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 400, dan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

HTC First dijual dengan harga yang relatif terjangkau, bahkan untuk ukuran 2 tahun lalu. Banderolnya hanya 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta dengan kontrak operator selama 2 tahun.

Sayang, debut perdana dari Facebook ini kurang mendapat respon yang baik dari pasar. Harga kontrak HTC First terpaksa dipangkas hingga menjadi 99 sen dollar AS atau sekitar Rp 14.000 saja, hanya dalam waktu sebulan setelah kemunculannya di AS.

Meski telah dihargai murah, HTC First tak kunjung diminati pembeli hingga kemudian Facebook urung membuat ponsel lagi.

sumber: Nextren.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s